Diberdayakan oleh Blogger.

Maret 30, 2015

SD Card untuk Kamera DSLR

Share & Comment

SD Card, Pembahasannya dari A to Z,


OK, saya mau share sedikit knowledge, walaupun pemahaman sebatas penggunaannya selama saya pake DSLR murah meriah 550D.

kita bahas spesifikasi dulu, kode-kode yang berkaitan dengan kemampuan SD card, sebenarnya terlihat jelas di stikernya, tapi coba kita perjelas.

A. kapasitas SD Card, ini jelas deh ye,
  • SD     Maximal 2GB
  • SDHC Maximal 32GB 
  • SDXC Maximal 2TB ( dipasaran baru tersedia Lexar 256GB, secara teori bisa 2TB)

B. Speed Class, ini adalah kode yang menunjukan berapa Kecepatan Tulis Minimum yang di jamin produsen, Speed Class ini dari 1 - 10, tapi umumnya yang ada di pasaran class 2, 4, 6, 8 dan 10
  • Class 2   = 2   MBps/ 16 Mbps Writing Speed minimum
  • Class 4   = 4   MBps/ 32 Mbps Writing Speed minimum
  • Class 6   = 6   MBps/ 48 Mbps Writing Speed minimum
  • Class 8   = 8   MBps/ 64 Mbps Writing Speed minimum
  • Class 10  = 10 MBps/ 80 Mbps Writing Speed minimum

Notice saya menulis 2 ukuran MBps & Mbps, karena satuan itu berbeda. 1 Byte adalah 8 bit.

selain dengan satuan Class, ada juga yang menggunakan kode UHS-1 atau "angka 1 didalam huruf U", ini artinya Ultra High Speed 1, kecepatannya setara dengan Class 10,
istilah ini dipakai karena penggunaan istilah Speed Class yang mentok di Class 10,
udah enggak relevan dengan kemampuan produksi dan kebutuhan sekarang.
  • UHS-I = Hingga 104MB/s (tipe tertentu )
  • UHS-II= Hingga 312MB/s (tipe tertentu)

C. Read Speed, indikator ini menunjukan berapa speed baca minimum yang dijamin oleh produsen.
spesifikasi ini penting ketika ketika berurusan transfer data dari SD Card ke komputer.

tapi perlu juga dipahami, Card Reader juga punya Transfer Rate, Storage Komputer juga punya Writing Speed, semuanya saling berkaitan. saya berikan sedikit contoh

Bus Speed, kecepatan koneksi antara Card Reader dengan Komputer
  • Card Reader USB 2.0 punya Bus Speed maksimum 480 Mbps / 60MBps, tapi dalam pakteknya hanya separuhnya, karena speed ini bukan hanya dipakai untuk transfer data, tapi juga komunikasi antara Card Reader & komputer.
  • Card Reader USB 3.0 punya Bus Speed 5Gbps / 625MBps, efektifnya hanya separuhnya, karena terdapat delay dikarenakan latency yang tinggi yang terjadi pada interface usb.
  • Selain USB ada juga Card Reader dengan koneksi Firewire, ExpressCard, ThunderBolt, dll. saya tidak akan bahas, karena tidak terlalu umum.
Writing Speed Storage Komputer, dengan berbagai macam media storage yang umum sekarang, saya bahas sedikit saja.
  • HardDisk 2.5"/Laptop, 5200rpm punya write speed 50~100 MBps
  • HardDisk 3.5"/Desktop 7200rpm punya write speed 100~160 MBps
  • SSD punya writing speed sekitar 300~600 MBps
  • kita tidak bahas speed dalam konfigurasi RAID.
dari 3 variabel diatas yaitu Read Speed SD Card, Transfer Rate Card Reader dan Writing Speed Storage Komputer, tentunya speed akan mengikuti speed terendah dari ketiganya.

D. SD Format,
  • SD     Berformat FAT 12, 16
  • SDHC Berformat FAT 32
  • SDXC Berformat exFAT 
Pada saat ini , SDXC yang berformat exFAT kompabilitasnya lebih sedikit dibanding lainnya , karena exFat sendiri ialah Format yang dibuat microsoft , tidak opensource. Sehingga untuk mendukung exFat harus membeli lisensi.

Produk CANON yang FULL support sdxc : 5dmkiii , 6D , 60D , 70D , 550D, 600D, 650D ,1100 D , EOS M

----------------Question & Answer----------------
okeh setelah bahas spesifikasi SD Card, kita tambahkan lagi Q&A yang berhubungan dengan penggunaannya di Video DSLR.
Q : Berapa Speed Minimum, Untuk Video DSLR?
 A : Dalam buku primbon pembelian kamera, dituliskan Bitrate Video DSLR dengan format H.264 adalah
  • 1080p 25fps = 45 Mbps
  • 720p 50fps = 45 Mbps
  • 640x480 = dibawah 25 Mbps, pastinya saya lupa
berarti SD Card dengan Speed Class 6 sudah cukup untuk merekam Full HD.
Q : Kenapa hanya bisa record 12 Menit?
 A : ini berkaitan dengan 2 hal,
  • Regulasi pajak di eropa, mengklasifikasikan alat rekam yang mampu merekam video lebih dari 30 menit sebagai Camcorder, perhitungan pajaknya beda, harganya jual ke kostumer menjadi lebih mahal.
  • format yang digunakan oleh DSLR Fat32, yang memiliki kapasitas maksimal dalam 1 file sekitar 3,8GB, kalo 3.8GB kita isi dengan file 5.6MBps, jatohnya 12 menitan.
Q : Kenapa sih pakenya FAT32? kenapa nggak pake yang support file lebih besar, NTFS misalnya?
 A : Fat32 adalah file format yang universal, bisa dibuka di semua OS, sedangkan NTFS eksklusif punya Microsoft, bisa ngomel2 nanti orang2 yang pake Mac atau Linux. sejauh ini sudah ada pengembangan SDXC yang berformat exFAT, tapi perlu media rekam yang mensupport SDXC. dan untuk saat ini, komputer umumnya belum mensupport exFAT

Q : SD Card saya sudah lama dipakai, kapan harus ganti?
 A : Durabilitas SD Card, ada banyak faktor yang mempengaruhi, setiap Brand punya standarnya sendiri mengenai bahan baku. chip memory didalamnya juga dibuat oleh berbagai vendor dengan standar produksinya sendiri. belum lagi ditambah resiko defect/cacat produksi, yang bahkan merk termahalpun pasti ada resiko tersebut.Ditambah dengan worn out yang terjadi karena SD Card sering dipakai. chip memory punya keterbatasan umur pakai, hingga berapa ribu kali hingga kehilangan kemampuan untuk menyimpan data.
Cara termudah untuk tau kapan harus ganti SD Card, adalah ketika salah satu footage yang kita punya ternyata rusak/cacat bahkan dari saat file baru di transfer ke PC. misalkan kalo foto, ada discolor sebagian gambar, atau gambar cuma separuh, ini sudah tanda2 SD Card sudah uzur. langsung ganti sebelum terlambat.terburu-buru mencabut SD Card juga bisa memperpendek umur SD card, karena ketika kita berhenti merecord, data tidak langsung masuk ke SD card, tapi di buffer dulu lewat internal memory camera, ada jeda beberapa detik hingga sepenuhnya pindah ke kamera. kalo kita terburu2 mencabut prematur, sudah pasti file bisa rusak, worst bisa merusak bit cell dari chip memory.
Credit to Tono Be WisLah : 
Terlalu sering di Format bisa pemperpendek umur SD Card
sangat setuju dengan om Tono, saya tambahkan Low Level Formating bisa memperpendek umur SD Card. Berbeda dengan Delete/Erase yang menghapus Header File dan membiarkan body filenya tertimpa file baru, Low Level Format menghapus setiap bit di permukaan Media Penyimpanan, sehingga seluruh Memory Cell mengalami proses baca tulis.

Q : Menyimpan memory perlu tempat & perlakuan khusus?
 A : sebenernya Memory Card itu storage yang paling bandel, lebih tahan benturan dari Harddisk, lebih tahan jamur dari pita kaset, lebih tidak mudah terbakar dibanding seluloid. Tapi rentan masalah listrik. Bit Cell memory card butuh listrik untuk menjaga elektron didalamnya tetap utuh, di salah satu komponen dalam SD Card ada kapasitor kecil yang menyimpan cukup listrik untuk menjaga data tetap utuh hingga beberapa bulan. jadi jangan pernah menggunakan SD Card untuk media simpan dalam waktu yang lama.Air, hampir semua SD Card rusak kalo terendam air :D, ada beberapa yang bandel sama air sih, tapi mending jaga-jaga.kalo saya menyimpan SD Card di case plastik kecil, kalo mau aman ada yang anti air, case kayak lock & lock yg paling kecil cuma 10ribuan di supermarket. kalo mau keliatan serius, ada juga yang sampe ratusan ribu di toko alat fotografi :D

Q : Saya beli SD Card Class 10 koq lelet? berapa Write Speed yang seharusnya saya dapat?
 A : seperti dibahas diatas, Class 10, artinya produsen menjamin kalo kita bisa dapat Write Speed minimal 10 MBps. 'menjamin' artinya jika tidak mencapai speed tersebut, adalah tanggung jawab produsen bahwa SD card tersebut berjalan di-speed yang dijanjikan.SD Card Class 10 sendiri dari pengalaman saya punya Write Speed bervariasi. ini dari pengalaman aja yah, saya share beberapa brand yang pernah saya pake & tes Write Speednya, saya ngetes tahun 2012, specs may change, saya nggak bisa berbuat apa2 :D
  • SDHC Sandisk Ultra Class 10 = Write 10 MBps, Read  30 MBps
  • SDHC Sandisk EXtreme UHS-1 = Write 17MBps, Read 45 MBps
  • SDHC TDK Class 6 = Write 12 MBps, Read 28 MBps
kalo dilihat, Sandisk Ultra walau Class 10, pas-pasan bener2 cuma 10 MBps, Sandisk Extreme malah hampir 2x lipat kecepatan yang dijanjikan. TDK walau produsen cuma berani menjamin sampai Class 6, tapi yang saya dapat lebih kenceng dari Sandisk Ultra Class 10saya tegaskan sekali lagi, Speed Class artinya, Write Speed Minimum yang dijamin oleh produsen terhadap produk yang mereka jual, contoh diatas menggambarkan kasus yang bisa terjadi dengan jelas. ada yang pas-pasan, ada yang melebihi spek yang dijanjikan :D
Tags: ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Copyright © AGAINDO | Designed by Templateism.com