Diberdayakan oleh Blogger.

Maret 30, 2015

Perbandingan antara Video RAW (BMPCC/BMCC) dan S-Log2 (Sony XAVCS)

Share & Comment

Perbandingan antara Video RAW (BMPCC/BMCC) dan S-Log2 (Sony XAVCS)

Om @Benny Kadarhariarto: File raw dari BMPCC atau BMCC itu beda dengan file AVCHD atau XAVCS yang dihasilkan oleh camera sony.

File raw itu adalah file mentah, yang masih bisa kita mainkan atau kita grading lebih luas di banding file jadi. File raw dari camera2 BM itu mirip sama file foto raw dari camera. dia extentionnya .DNG, dan dia berbentuk image sequence. Jadi bukan sebuah file video. Data yg di simpan oleh file raw ini lebih komplit di bandingkan dengan file video jadi.

Sedangkan file AVCHD atau file XAVCS yang dihasilkan oleh camera Sony A7S (file XAVCS ini baru ada di camera terbaru Sony) dengan S-LOG2 gamma itu mirip2 sama Picture Style cinestyle, marvel, superflat atau PS bahan lainnya yg ada di camera canon eos. Jadi bener kata oom Iwan, jadi dia mengurangi contrasnya abis, saturasinya juga di kurangin..... Jadi shadownya bisa naik, highlight nya bisa turun. Jadi informasi data yg kita butuhkan untuk melakukan grading lebih aman dan lebih komplit....

Cuman bedanya S-Log2 gamma dengan PS di camera canon adalah... Di S-Log2 itu di buat oleh si produsen camera itu sendiri, sedangkan kalau canon, itu third party yg bikin seperti cinestyle di buat oleh technicolor, marvel juga di buat oleh orang lain.... Bedanya yg lain lagi, di S-Log2 gamma minimum iso nya itu ada di ISO 3200. Jadi prinsipnya dia memilih untuk nggak nge boost shadow, tapi dia nge reduce si highlight. Karna kalo kita nge boost shadow, noisenya bisa keluar, seperti yg terjadi kalo kita pake PS cinestyle di camera canon, suka noise walaupun kita pake iso rendah dan keadaan terang. Di bagian shadow suka keluar noisenya. Nah di S-Log2 gamma ini, hal itu bisa di hindari dengan tidak nge boost shadownya, karna isonya dia udah tinggi. Dan di ISO 3200 itu, noisenya sensor sony masih bening. Kelemahannya cuman kalau kita harus shooting di siang hari di terik matahari yg sedang asik2nya. Saya terpaksa pakai filter ND4 + ND6 + ND9 untuk shoot di pantai jam 12 siang, dengan ISO 3200, F/1.4 dan shutter 1/30. Tapi hasilnya cukup memuaskan. Saya belum sempat nge grading, karna filenya ada di notebook saya dan adapter saya jebol.... hehehehe......

Semoga bermanfaat.......

ARTIKEL LAINNYA VIDEOGRAPHY
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Copyright © AGAINDO | Designed by Templateism.com